Teacup Pomeranian Dog

Kebanyakan pemilik anjing tentu dulunya pernah mendapati m anjingnya menggaruk, menjilat dan menggigit dirinya sendiri (self-mutilation). Umumnya anggapan orang adalah anjingnya sedang merasa gatal. Tapi kadang kebiasan menjilat, menggaruk dan menggigit secara berlebihan dapat membawa dampak pada anjing karena melukai dirinya sendiri.

Kebiasaan Buruk

Teacup pomeranian  bagaimanapun tidak bisa mendeteksi kapan harus berhenti dari kebiasaannya tersebut. Karena itu kecuali anda menemukan perihal ini terjadi kepada anjing anda, pencegahan dini tentu diperlukan untuk dilakukan sebelum menjadi masalah yang lebih kompleks untuk kedepannya.

Penyebab anjing melakukan aktivitas melukai dirinya sendiri umumnya berasal dari persoalan medis atau suasana psikologi anjing. Berikut beberapa alasan atau penyebab anjing gemar melakukan rutinitas menjilat, menggaruk dan menggigit dirinya sendiri secara berlebihan:

Pada umumnya dikarenakan rasa gatal yang timbul akibat kutu atau alergi. Anjing bisa alergi kepada banyak hal termasuk makanan, kutu, jamur, debu, rumput dan banyak lagi. Disarankan menggunakan e-collar dalam jangka pendek, mengkonsumsi obat anti stres  atau minta pertolongan seorang behaviorist.

Cara Menghentikan Kebiasaan Buruk Pada Anjing

Ketika Anda bermainbersama anjing, Anda patut memahami  adanya  alasan mengapa anjing menggigit dirinya sendiri, salah satunya karena kebosanan.

  • Membelikan mainan kunyah (chew toys atau rawhides) yang dapat dikunyah oleh anjing Anda bisa sedikit mengurangi kebiasaan buruknya. Kmeudian, untuk anak anjing, mengunyah adalah bagian dari tumbuh kembang. Untuk anjing yang lebih dewasa, mainan seperti ini dapat menjadi alternatif lain tak hanya mengunyah atau menggigit kaki mereka.
  • Mandikan anjing Anda. Hal ini dapat membantu menghilangkan kutu yang dapat membawa dampak gatal atau iritasi terhadap anjing.
  • Meminimalisir stres terhadap anjing Anda. Cobalah berikan aktifitas atau kegiatan terhadap anjing anda.
  • Selalu perhatikan aktivitasnya, apabila anjing Anda menjilati atau menggigit dirinya sendiri secara berlebihan, maka itu artinya ada masalah. Jadi, sebaiknya konsultasikan kepada dokter hewan untuk solusinya. Merasakan gatal atau sakit pastinya tidak akan nyaman bagi setiap anjing. Oleh karenya, sayangi anjing Anda agar tetap sehat dan aktif.